Rafolusi Ilmu Thomas Khun

SEKAPUR SIRIHAlhamdulillah kami ucapkan atas selesainya pemuatan makalah ini, selanjutnya shalawat serta salam kami haturkan kepada baginda Rasulullah Saw yang mana telah membawa kita dari alam yang penuh dengan kegelapan nur Ilahi Robby membawa ke alam yang penuh dengan cahaya yang terang menderang yaitu Iman, Islam, wa Ikhsan (Amien ya robbal alamin).Makalah yang sempat kami beri judul “PARADIGMA REVOLUSI SAINS THOMAS S. KUHN ”, walaupun tidak dapat kami pungkiri dalam detik-detik pembuatan makalah ini kami sering di hadapkan pada masalah penyusunan, pencarian data serta dalam menjadikan naskah jadi, sehingga kami selalu mengharap dan mencari teman untuk konsoltasi dan bimbingan dari segala sisi.Dan akhirnya kami sangat mengharap saran dan kritik dari semua pihak demi pembelajaran dan pembuatan makalah selanjutnya walau disiplin apapun. Dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan solusi serta bimbingan kepada kami khususnya dalam penyelesaian makalah ini dan lain sebagainya.Wallahu A’lam………!!!!

BAB I
Pendahuluan
A. Latar belakang
Revolusi adalah proses menjebol tatanan lama sampai ke akar-akarnya, kemudian menggantinya dengan tatanan yang baru. Begitu juga yang di maksud dengan revolusi sains atau revolusi sains muncul jika paradigma yang lama mengalami krisis dan akhirnya orang mencampakkannya serta mencita-gunakan paradigma yang baru yang sekiranya lebih rasional dan logis.
Dulu misalnya, orang hanya mengetahui hanya ada lima planet di cakrawala kita. Kemudia dengan laju-pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka ditemukan kembali tiga planet baru dan ribuan planet kecil, hal ini mengindikasikan bahwasanya kemajuan dari aspek astronomi kian pesat.
Setiap masyarakat yang beradap sekarang percaya bahwa bumi dengan semua anggota tata surya beredar mengelilingi matahari, padahal semula orang beranggapan, bahwa bumilah pusat alam semesta. Semua benda angkasa beredar mengelilingi bumi. Inilah yang di sebut revolusi astronomi.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1) Apa yang disebut Paradigma Revolusi Sains
2) Dan apa yang di sebut Paradigma Revolusi Sains dalam perspektif Thomas S. Kuhn baik secara tekstual maupun kontekstual.
C. Tujuan
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1) Ingin mengetahui apa paradigma revolusi sains
2) Ingin mengetahui, mendalami dan mengkonsepsikan paradigma revolusi sains baik secara tekstual maupun kontekstua dalam perspektif Thomas S. Kuhn.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Proses dan Sains yang normal
Sains yang normal adalah riset yang tegas berdasar atas satu atau lebih pencapaian ilmiah yang lalu, yang oleh masyarakat ilmiah pada suatu saat dinyatakan sebagai rujukan pada praktek selanjutnya.Atau menjelaaskan secara detail teori yang diterima, menerangkan banyak atau seluruh penerapannya yang berhasil dan membandingkan dengan eksprimen dan observasi langsung.Seperti, sebelum buku-buku menjadi populer pada abad ke19, banyak dari buku-buku klasik yang termasyhur tentang sains yang memenuhi fungsi yang serupa. Pencapaian yang memiliki dua karakteristik disebut paradigma yang erat kaitannya dengan sains yang normal yang bersama-sama mencakup dalil,teori, penerapan , dan istrumentasi yang akan menjadikan model-model, dari it lahirlah tradisi-tradisi tertntu dari riset ilmiah. Paradigma-paradigma yang jauh terspesialisasi sebagai ilustrasi, yang menstimulus untuk dipraktekkan dikemudian hari. Komitmen serta konsensus yang jelas serta yang dihasilkan merupakan prasyarat bagi sains yang norml, yaitu bagi penciptaan tradisi riset.

isi slengkapnya klik dini

Published in: on Desember 30, 2007 at 3:12 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://mesw.wordpress.com/2007/12/30/rafolusi-ilmu-thomas-khun/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: