GNOSTISISME

Pengertian Gnostisisme

Di dalam kancah perkembangan filsafat dari Yunani kuno hingga ke pelosok Timur yang mulai menyebar dengan seiringnya perkembangan gerakan gereja pada abad pertengahan, mempunyai dampak/ pengaruh terhadap perkembangan keintelektualan dalam dunia Islam khususnya di Timur.

Gnostisisme berasal dari bahasa Yunani yaitu gignoskein yang berarti ’’tahu’’.

Gnostisisme, seperti yang tersirat dari namanya, bukanlah suatu gerakan yang berusaha menambah pengetahuan murni. Sebaliknya gnostisisme merupakan gerakan filososiko-religius yang di kaitkan dengan agama-agama misteri dan tertuju pada keselamatan pribadi. Gnostisisme sama seperti agama-agama misteri berbicara kebijaksanaan esoterik. Ritus-ritus mistikdan kata-kata magis di gunakan untuk melindungi diri dari setan.

-Kajian penting dalam pembahasan gnostisisme

yaitu ;

  1. Realitas membentangkan dualisme tajam antara baik dan jahat, terang dan kegelapan, dunia matererial dan dunia spiritual. Dualisme ini dapat di atasi dengan kejatuhan sang Illahi, atau sistem emanasi yang merentang dari yang spritual ke material.
  2. Tujuh daya pencipta dunia yang seakan akan jahat dan bermusuhan atau malaikat-malaikat yang merupakan emanasi terahir dari Allah. Dan dari mereka muncul kuasa kekegelapan .
  3. Sang Ibu Agung, Dewi langat, yang sering disebut sebagai shopia.
  4. Sang manusia pertama, yang hidup dalam dunia ini, manusia pertama ini muncul ke dunia untuk melancarkan perang terhadap kegelapan, dan dengan kemunculanya mulailah drama kehidupan ini. Ia sebagian di taklukkan oleh kegelapan tetapi kemudian di bebaskan,atau membebaskan dirinya.
  5. Sang penyelamay atau soter, soter ini sering di sebut manusia pertama yang pembebasanya bukan untuk dirinya sendiri akan tetapi bagi anggota aru penganut gnostisisme .Iabertugas untuk menyelamatkan sang shopia.
  6. Melalui gnosis (usaha memastikan pengetahuan tentang apa yang terjadi ), serta melalui pemisahan secara asketis dari dunia yang lebih rendah menuju dunia paling atas.

 

 

Published in: on Desember 30, 2007 at 5:33 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://mesw.wordpress.com/2007/12/30/gnostisisme/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: